Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Profil Fakultas
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (SOSPOL) UIM berdiri sejak peralihan nama kampus STIP/STID Al-Gazali ke Universitas Islam Makassar (UIM) pada tanggal 6 Juni 2000. Pada awal berdirinya Fakultas SOSPOL UIM membina 2 (dua) jurusan yaitu jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga. Seiring dengan perkembangan waktu dan tuntutan modernisasi akademik, maka jurusan Ilmu Administrasi Niaga pada tahun 2010 berubah nama menjadi jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, hal ini disebabkan karena kemajuan perekonomian negara dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik sehingga perubahan nama jurusan pun dilakukan. Adapun jurusan Ilmu Komunikasi telah memperoleh akreditasi dari BAN-PT No.010/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 sementara jurusan Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis juga telah terakreditasi dengan No.036/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009. Sedangkan tenaga pengajar Fakultas SOSPOL UIM berkualifikasi S1, S2, S3 dan Guru Besar, baik sebagai Dosen Tetap Yayasan, Dipekerjakan, maupun Dosen Luar Biasa.

Dalam perkembangannya Fakultas SOSPOL UIM menambah 1 prodi/jurusan yaitu Ilmu Administrasi Negara/Publik dan mengalami pertumbuhan jumlah mahasiswa yang cukup pesat, olehnya itu proses belajar mengajar sudah diupayakan menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi, beberapa dosen pada perkuliahan menggunakan LCD serta pemanfaatan media audio visual. Sebagai konsekuensi mahasiswa Fakultas SOSPOL UIM yang semakin banyak, maka layanan akademik dan administrasi secara bertahap sudah dilakukan dengan sistem komputerisasi dengan tujuan agar pelayanan terhadap mahasiswa dapat lebih efektif, cepat dan lancar.

 

VISI :

Fakultas yang mampu bersaing, unggul dan diminati yang berkarakter Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdliyah Tahun 2023.

 

MISI :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan & pengajaran dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik berdasarkan nilai-nilai Aswaja An Nahdliyah.

  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik sesuai kebutuhan masyarakat melalui kemitraan. 

 
TUJUAN :
  1. Menghasilkan sarjana berkualitas dalam bidang ilmu sosial, serta memiliki kemampuan menerapkan nilai-nilai etika dan prinsip ilmiah dan islami untuk kesejahteraan masyarakat.

  2. Memnfasilitasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dibidang ilmu sosial.

  3. Menghasilakn pemikir dan peneliti, baik secara ilmiah maupun populer dalam bidang ilmu sosial untuk disumbangkan pada pembangunan.
  4. Mempersiapkan lulusan yang profesional, ahli dan terampil didalam bidang sosial, berkemampuan wirausaha dan berjiwa pemimpin, berbudi luhur dan mempunyai kesadaran bertanggung jawab secara Islami berdasarkan nilai Ahlusunnah wal Jamah.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan stakeholders untuk pengembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIM.
  6. Menjadikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebagai fakultas yang akuntabel, efesien, efektif, transparan, mandiri dan sesuai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
MANAJEMEN :
 
 Dekan  :  Dra. Hj. Zohrah N, M.Si.
 WD I  :  Dr. H. Mochtar Luthfi M, SE., M.Si.
 WD II  :  Nahdiana, S.Sos., M.Si.
 WD III  :  H. Nurdin Tajry, S.H., M.H.
 KPS Ilmu Komunikasi  :  Anil Hukmah, S.Sos., M.Si.
 KPS Bisnis / Fiskal  :  Ernawati, S.ST., M.Si.
 KPS Publik  :  Dra. Tetty Dwiyanti, M.Si.
 

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki 4 jurusan atau program studi yaitu :

  1. Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga
  2. Ilmu Administrasi Negara/Publik
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Administrasi Fiskal

Untuk informasi detail silahkan kunjungi website official :  FISIP UIM

Atau bisa melalui email Fakultas FISIP : fisip@uim-makassar.ac.id