Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


PROFIL FISIP

Pendahuluan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu fakultas di Universitas Islam Makassar. Didirikan pada tanggal 6 juni tahun 2000 dengan SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 71/D/0/2000 yang membina dua program studi yaitu Ilmu Komunikasi dan Ilmu Administrasi Niaga kini berubah dengan nama Administrasi Bisnis.

          Seiring dengan perjalanan waktu pada tanggal 13 september 2013 lahirlah prodi baru yaitu Administrasi Publik dengan SK No.1704/E1-3/HK/2013 dan pada tanggal 7 April 2015 prodi Administrasi Fiskal/ Perpajakan dengan SK No. 1887/E1-3/HK/2015. Dengan demikian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIM saat ini membina empat program studi jenjang strata satu/ S1 yang seluruhnya terakreditasi B.

          FISIP saat ini baru memiliki 30 Dosen tetap baik DPK maupun yayasan, dari 30 orang dosen tersebut sebanyak 10 orang bergelar doktor dan 20 orang bergelar Magister, 3 Orang  diantaranya dalam proses melanjutkan studi program S3. Untuk dapat memenuhi rasio dosen sementara ini FISIP merencanakan rekruitment/penambahan jumlah dosen yang relevan dengan prodi yang dibina.

Disamping hal tersebut FISIP juga kerap mendatangkan dosen tamu untuk menambah wawasan baik dalam bentuk kuliah umum maupun seminar dari berbagai institusi maupun praktisi dan para ahli dibidangnya.

          Bagi Calon Mahasiswa perlu diketahui bahwa beban studi komulatif dan masa studi maksimum untuk program sarjana (S1) di FISIP UIM minimal 144 SKS dan Maksimal 160 SKS dalam 8 semester atau paling lama dalam kurun waktu 14 semester.

          Sarana perkuliahan ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti proyektor (LCD), Whiteboard, Laptop, dan sarana lainnya. Jumlah fasilitas sudah hampir semua bisa digunakan untuk ruang kuliah. Adapun fasilitas lain diantaranya: Ruang Kuliah (ber-AC); Laboratorium Komunikasi; Tax Centre; Ruang Baca; Free WIFI; Auditorium; Perpustakaan; Laboratorium Komputer; Laboratorium Bahasa; Masjid dan Rusunawa. Fasilitas lain sementara dalam proses pembangunan menuju UIM smart campus.

Visi :

Fakultas yang mampu bersaing, unggul dan diminati yang berkarakter Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah Tahun 2023.

Misi :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik berdasarkan nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik sesuai kebutuhan masyarakat melalui kemitraan.

Tujuan :

  1. Terwujudnya proses pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang mampu bersaing, unggul dan diminati yang berkarakter Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah.
  2. Tercapainya kualitas penelitian dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang dilandasi profesionalisme dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan sesuai nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah.
  3. Terwujudnya kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu sosial dan ilmu politik yang dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sesuai nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah.

 

Pimpinan Fakultas

DEKAN  

:

Dra. Hj. Zohrah N, M.Si

Wakil Dekan I

:

Dr. H. Mochtar Luthfi M, SE.,M.Si

Wakil Dekan II

:

Nahdiana, S.Sos.,M.Si

Wakil Dekan III

:

Dr. H. Nurdin, SH.,MH

Ketua Prodi Ilmu Komunikasi

:

Anil Hukmah, S.Sos.,M.I.Kom

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Bisnis

:

Ernawati, S.St.,M.Si

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Publik

:

Dra. Tetty Dwiyanti, M.Si

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Fiskal

:

Dr. Zulkarnain Umar, M.Si

Kepala Tata Usaha

:

Rusmiati, S.Pd.I.,M.Pd

Kepala Laboratorium

:

Sabaruddin Adjie, S.S.,M.Si

         

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik membina 4 Program Studi :

  1. Ilmu Komunikasi (No. 2438/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018) – Akreditasi B
  2. Administrasi Bisnis (No. 730/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019) – Akreditasi B
  3. Administrasi Negara/ Publik (No. 3037/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016) – Akreditasi B
  4. Administrasi Fiskal/ Perpajakan (No. 2285/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2019) – Akreditasi B

Untuk informasi detail silahkan kunjungi website official : www.fisip-uim.ac.id

Atau bisa melalui :

Email       : fisip@uim-makassar.ac.id

Facebook : Fisip Uim

Instagram : fisip_uim

Twitter     : @FISIPUIM1

Whatsapp : 0853 4379 1584 (Ummi) ; 0896 8202 6264 (Idrus)